Resep Tom Kha Gai, Sup Ayam Santan Asal Thailand yang Bikin Kenyang

By Rivaldo Setiawan 17 Sep 2019, 18:42:41 WIBKuliner

Resep Tom Kha Gai, Sup Ayam Santan Asal Thailand yang Bikin Kenyang

Keterangan Gambar : penthousekitchen.blogspot.com


Tom yam, salah satu kuliner asal Thailand yang namanya cukup mendunia. Bahkan lezatnya tom yam, sudah berteman baik dengan lidah masyarakat kita. Ada lagi nih masakan Thailand yang ramah dengan lidah Indonesia yaitu tom kha gai.

Sup ayam santan ini, memiliki citarasa yang gurih dan bikin perut kenyang. Bisa jadi alternatif lauk untuk makan sehari-hari. Dan berikut ini, resep dan cara membuat tom kha gai. Praktikin, yuk!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Tom Kha Gai, Sup Ayam Santan Asal Thailand yang Bikin Kenyangwholesomebabyfood.momtastic.com

  • 5 ons daging ayam tanpa kulit dan tulang,
  • 8 ons irisan jamur (bisa jamur kancing atau shiitake), kacang polong, dan paprika (potong kecil-kecil)
  • 1 buah bawang merah, potong dadu
  • ¼ jahe, iris tipis
  • ¼ lengkuas
  • 1-2 serai
  • 1-2 cangkir kaldu ayam (rebusan ayam)
  • 2-4 biji cabai merah besar
  • 1 ½ sendok teh garam
  • 3 sdm kecap ikan
  • 50 ml air santan
  • Air secukupnya
  • 8 lembar daun jeruk nipis

2. Cara membuat tom kha gai

Resep Tom Kha Gai, Sup Ayam Santan Asal Thailand yang Bikin Kenyangcookwithcampbells.ca

  1. Rebus daging ayam kurang lebih 7-10 menit, kemudian tiriskan ketika matang. Tunggu hingga sedikit hangat, lalu suwir daging ayam sesuai selera.
  2. Siapkan panci yang telah berisi air kaldu ayam 1-2 cangkir, lalu masukkan santan, kemudian bumbu (bawang merah, jahe, lengkuas), dan garam.
  3. Air kaldu, santan, bumbu, diaduk secara merata, kemudian masukkan isi sup seperti daging ayam, dan 8 ons (irisan jamur, kacang polong, dan paprika)
  4. Tambahkan air secukupnya
  5. Masukkan serai yang telah digeprek, kecap asin, dan daun jeruk nipis.
  6. Semua bahan telah menjadi satu dalam panci, masak hingga kurang lebih 10-15 menit.
  7. Sajikan dalam mangkok, tom kha gai telah matang.

3. Tips penyajian tom kha gai agar makin mantap

Resep Tom Kha Gai, Sup Ayam Santan Asal Thailand yang Bikin Kenyangtempleofthai.com

Di Thailand sendiri, setelah tom kha gai matang umumnya dikucurkan perasan jeruk nipis dan disantap bersama nasi putih hangat. Nah, biar makin mantap tom kha gai dapat ditambahkan dengan bawang goreng dan kerupuk bawang atau emping. Dijamin! Bikin nambah makan.

Gak ribet kan? Tidak ada salahnya membuat tom kha gai untuk menu sehari-hari nih, biar menu masakan rumah lebih variatif. Silakan mencoba!

Sumber : https://www.idntimes.com/food/recipe/rosma-stifani/resep-tom-kha-gai-sup-ayam-santan-asal-thailand-c1c2/full



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

VOTE PERSIDEN UNTUK PERIODE 2019-2024 ?
  JOKOWI - MARUF AMIN
  PRABOWO - SANDI
  GOLPUT AJA

Komentar Terakhir

  • Basit ali

    How are you ...

    View Article
  • Mesin Pendingin

    Wah saya kira ini puding tadinya, udah ngebayangin freshnya gimana kalau keluar dari ...

    View Article
  • Chest Freezer

    Diantara kelima makanan tersebut, makanan yang paling rekomendasi dengan harga yang ...

    View Article
  • hanssome

    <a href="https://id.linkedin.com/pulse/apotik-penjual-ci ...

    View Article