Cara Membuat Rolade Daging di Rumah, Kuliner Khas Eropa yang Lezat

By Rivaldo Setiawan 04 Okt 2019, 10:09:20 WIBKuliner

Cara Membuat Rolade Daging di Rumah, Kuliner Khas Eropa yang Lezat

Keterangan Gambar : ramesia.com


Rolade daging adalah makanan yang diminati banyak orang, tapi tidak mudah untuk didapatkan. Selain hanya terdapat di restoran atau acara-acara mewah, makanan asal Perancis, Eropa, ini pun harganya tak murah.

Daripada beli mahal-mahal, mending bikin sendiri di rumah, ya gak sih? Selain untuk camilan keluarga, kamu juga bisa juga membuatnya jadi hidangan saat acara-acara tertentu, arisan misalnya.

1. Bahan-bahan membuat rolade daging

Cara Membuat Rolade Daging di Rumah, Kuliner Khas Eropa yang Lezatbusinessinsider.sg

Bahan isian:

  • 400 gram daging sapi giling
  • 2 lembar roti tawar tanpa kulit, haluskan dengan 100 ml susu cair
  • 1 sdm mentega
  • 50 gram bawang bombay, cincang halus
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/3 sdt pala bubuk
  • 1 sdm saus Inggris
  • Garam secukupnya

Bahan dadar:

  • 5 butir telur
  • 1 sdm tepung terigu
  • 100 ml susu cair
  • Garam halus secukupnya
  • Mentega secukupnya

Bahan saos asam manis:

  • 1 sdm mentega
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 50 gram bawang bombai, cincang halus
  • 250 ml kaldu sapi
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 sdm tepung maizena, larutkan
  • Saus tomat secukupnya
  • Garam secukupnya

2. Bikin dadar terlebih dahulu

Cara Membuat Rolade Daging di Rumah, Kuliner Khas Eropa yang Lezatalpha.keepo.me

Campurkan semua bahan membuat dadar, aduk rata. Panaskan wajan, tuang minyak sedikit, lalu buat dadar hingga matang. Lakukan hingga bahan membuat dadar habis, lalu sisihkan.

3. Tumis bahan untuk membuat isian rolade

Cara Membuat Rolade Daging di Rumah, Kuliner Khas Eropa yang Lezatyoutube.com

Panaskan mentega terlebih dahulu, lalu tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum. Siapkan wadah, masukkan tumisan bawang beserta dengan daging giling, roti tawar halus, merica, pala bubuk dan garam secukupnya. Aduk hingga merata.

4. Mulai menggulung isian dengan dadar

Cara Membuat Rolade Daging di Rumah, Kuliner Khas Eropa yang Lezatkueresep.com

Ambil selembar dadar, beri isian daging, lalu ratakan permukaannya. Gulung rapat-rapat, bungkus dengan alumunium foil yang sudah dioles mentega tipis. Lakukan terus hingga semua bahan habis.

Setelah selesai, masukkan ke dalam panci. Kukus hingga matang selama kurang lebih 45 menit. Jika sudah matang, angkat, tiriskan, lalu sisihkan sejenak. Alumunium foil bisa diganti dengan daun pisang atau plastik, sesuai dengan selera.

5. Bikin saus asam manis, goreng rolade, lalu hidangkan

Cara Membuat Rolade Daging di Rumah, Kuliner Khas Eropa yang Lezatramesia.com

Untuk membuat saus asam manis, panaskan mentega, lalu tumis bawang putih serta bawang bombai hingga layu dan harum. Masukkan air atau kaldu, saus tomat, gula, dan garam, lalu aduk.

Kentalkan dengan tepung maizena, aduk sampai mendidih. Angkat dan segera disaring. Potong rolade, goreng di dalam minyak panas. Setelah matang, hidangkan rolade daging bersama saus asam manis.

Selamat membuat rolade daging!

Sumber : https://jabar.idntimes.com/food/recipe/naufal-al-rahman-1/resep-rolade-daging-kuliner-regional-jabar/full



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

VOTE PERSIDEN UNTUK PERIODE 2019-2024 ?
  JOKOWI - MARUF AMIN
  PRABOWO - SANDI
  GOLPUT AJA

Komentar Terakhir

  • Basit ali

    How are you ...

    View Article
  • Mesin Pendingin

    Wah saya kira ini puding tadinya, udah ngebayangin freshnya gimana kalau keluar dari ...

    View Article
  • Chest Freezer

    Diantara kelima makanan tersebut, makanan yang paling rekomendasi dengan harga yang ...

    View Article
  • hanssome

    <a href="https://id.linkedin.com/pulse/apotik-penjual-ci ...

    View Article